Mengenal Jenis Velg Motor

Spare part sepeda motor memang harus selalu diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara di jalan raya. Nah, salah satu spare part sepeda motor yang bisa dibilang penting dan vital pada sebuah sepeda motor adalah velg motor. Para pengguna motor atau pun bikers tentu sudah pasti tahu mengenai velg motor ini. Bukan hanya sebagai spart part sepeda motor, kini velg juga bisa dibilang sebagai salah satu aksesoris karena model dan jenisnya yang semakin banyak.

Menggunakan velg motor, sepeda motor akan bisa terlihat semakin gagah dan tentunya menarik. Banyak para bikers yang hobi modifikasi motornya juga ikut mengganti velg ketika proses modifikasi. Jika demikian, tentu perlu sekali untuk membeli velg sepeda motor yang cocok dan sesuai dengan motor yang akan dikendarai nanti. Tapi sebelum itu ada baiknya untuk mengenal jenis velg motor sebelum membeli diantaranya : 

Velg Jari-jari

Velg motor jari-jari ini atau dikenal dalam dunia otomotif yaitu Spoke Wheel (SW). Jenis velg motor ini banyak diproduksi dan dikembangkan oleh produsen sepeda motor. Pembuatan velg jari-jari ini dibuat dari garpu yang disatukan dengan kawat-kawat logam yang akan membentuk pola tertentu. Biasanya untuk jenis velg jari-jari ini dipakai jenis motor lama.

Velg Jari-jari

Dari bahan dasarnya, velg jari-jari ini tentu akan jauh lebih murah dari sisi harga.  Selain itu jika terjadi kerusakan, jenis velg ini termasuk mudah dalam perbaikannya dimana hanya menyetelnya kembali. Namun kekurangan dari jenis velg ini adalah tidak bisa menggunakan jenis ban tubeless karena jari-jari akan membuat ban akan mudah bocor. 

Velg Racing

Velg racing atau disebut Casting Wheel  (CW)  ini menggunakan badan dasar besi yang dibentuk melalui proses casting (modling/dicor). Menjadi satu kesatuan, velg ini disatukan dengan bahan alumunium, karbon, dan logam lain yang prosesnya melalui pencetakan.  

Velg Racing

Jenis velg sepeda motor ini kini makin banyak digunakan di semua jenis sepeda motor baik motor matic maupun manual. Kelebihan dari jenis velg ini disamping membuat tampilan motor akan gagah, velg ini dari sisi berat akan lebih ringan, efektif, dan efisien. Semua itu karena bahan pembuat dan prosesnya yang menggunakan sistem cetak. Jenis velg ini cocok untuk ban tubeless, karena dudukan ban pada velg lebih sempurna. Namun kekurangannya dari sisi harga, di mana harga velg racing ini akan relatif lebih mahal dari velg jari-jari. 

Namun hati-hati yach ketika membeli velg di bengkel-bengkel motor yang ada di pinggir, karena rawan penipuan. Sebaiknya agar membeli velg langsung ke bengkel resmi, karena sudah terjamin kualitasnya. Namun jika ingin melakukan modifikasi, pastikan pilih velg ban motor yang sesuai dengan kebutuhan sepeda motor Anda. Semoga bisa bermanfaat dan nantikan kembali info seputar dunia otomotif Indonesia! -apuy-

0 comments:

Post a Comment